Friday, June 10, 2011

Android Pilihan Favorit Pengembang Aplikasi :)


Satu lagi alasan bagi Apple untuk mewaspadai kehadiran Android. Berdasarkan survei terbaru dari Vision Mobile dan Bluevia menunjukkan bahwa sistem operasi milik Google itu lebih diminati pengembang aplikasi ketimbang platform Apple iOS.

Berdasarkan survei tersebut, sebanyak 67 persen pengembang mengaku mengembangkan aplikasi berbasis Android di tahun 2011. Angka ini menunjukkan peningkatan delapan persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara, Apple membuntuti di posisi dua, di mana terdapat 59 persen pengembang memilih iOS. Angka ini juga naik 9 persen dibandingkan survei tahun lalu.

Mengapa platform Android begitu populer? Menurut pengakuan para pengembang, mereka lebih mudah bereksperimen dengan Android dibandingkan platform lain, terutama Apple. Pasalnya, sistem tools API Android lebih fleksibel dibandingkan iOS. Selain itu, pengembang juga lebih bebas memasarkan aplikasi mereka di Android Market yang sangat terbuka ketimbang App Store.

Survei ini juga menunjukkan bahwa semakin banyak pengembang yang mengembangkan aplikasi berbasis HTML serta menggunakan browser khusus untuk perangkat mobile. Tahun lalu hanya terdapat 40 persen pengembang yang membuat aplikasi Web mobile, namun tahun ini angka tersebut meningkat menjadi 56 persen.

Popularitas Java turun empat persen dengan menempati posisi empat (46 persen), diikuti oleh BlackBerry (45 persen), Symbian (38 persen) dan Windows Phone (36 persen).

0 comments:

Post a Comment